Rabu, 16 Mei 2012


1.   

  Pengertian etika bisnis

Bab 10: Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Wirausaha 



Menurut kamus, istilah etika memiliki beragam makna berbeda. Salah satu maknanya adalah “prinsip tingkah laku yang mengatur individu dan kelompok”. Makna kedua  menurut kamus  lebih penting – etika adalah “kajian moralitas”. Tapi meskipun etika  berkaitan dengan moralitas, namun tidak sama persis dengan moralitas. Etika adalah  semacam penelaahan, baik aktivitas penelaahan maupun hasil penelaahan itu sendiri,  sedangkan moralitas merupakan subjek.
2.      Penerapan etika bisnis yang dalam perusahaan yang bsaya pilih,
PT AQUA GOLDEN MISSISIPPI  juga melakukan tanggung jawab sosial perusahaan.

Adapun kegiatan sosial yang dilakukan oleh PT AQUA GOLDEN MISSISIPPI antara lain adalah :
·         Memberikan lapangan pekerjaan di lingkungan sekitar perusahaan
·         Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang promosi, tidak mempromosikan produk atau sesuatu yang bertentangan dengan hukum dan etika yang ada di Indonesia.
·         Melakukan praktik go green yaitu dengan mendaur ulang kemasan botol plastic dan program menanam pohon.
3.      Hubungan antara etika dan hukum
Etika dan hukum sangat berhubungan karena apabila suatu perusahaan sudah melanggar norma hukum itu artinya prinsip keadilan yangmerupakan suatu etika dalam berbisnis.
4.      Manfaat etika bisnis bagi seorang pengusaha
Etika dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan bisnis , antara lain
·         Pelaku bisnis dituntunt menjadi orang yang professional (keahlian): kinerja bisnis manajer financial yang baik: kinerja etis bisnis, mempertahankan mutu, mampu menawarkan barang dan jasa serta dapat diterima masyarakat.
·         Mempertahankan konsumen, menawarkan barang dan jasa  dengan mutu baik dan tidak menipu konsumen dengan iklan
·         Peranan pemerintah yang netral agar kepentingan semua pihak dapat terjamin sangat diperlukan dalam menjunjang aktifitas bisnis yang beretika
·         Karyawan bukanlah tenaga yang diperas untuk mencapai keuntungan sebesar besarnya tanpa mempedulikan kesejahteraan mereka
Contoh perusahaan yang saya pilih adalah PT unilever yang selalu menghasilkan produk produk yang berkualitas dann bermanfaat bagi masyarakat
5.      Dampak negative bila pengusaha tidak menjalankan usahanya sesuai dengan etika
Ada 2 macam teori etika yaitu teori deontology dan teleology.
teori teleology ada aliran yang pertama adalah aliran utilitarian dan yang kedua aliran egoism. Apabila perusahaan tidak menjalankan usahanya dengan sesuai etika maka paham aliran yang dianut adalah egoisme, yang menyatakan bahwa tindakan dari seseorang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar kepentingan pribadi dan memanjukan dirinya sendiri. Hal ini akan menjadi negative apabila untuk mengejar kepentingan pribadi secara lahiriah itu dicapai dengan mengorbankan hak dan kepentingan orang lain.
6.      Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
1.      Syarat bagi Tanggung Jawab Moral
·         Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang rasional
·         Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya
·         Orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu

2.      Status Perusahaan
Terdapat dua pandangan (Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:
·         Legal-creator, perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya berdasarkan hokum
·         Legal-recognition, suatu usaha bebas dan produktif
Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970)


7.      Strategi bentuk tanggung jawab sosial
Strategi yang diwujudkan melalui struktur organisasi demi mencapai tujuan dan misi perusahaan perlu dievaluasi secara periodik, salah satu bentuk evaluasi yang mencakup nilai-nilai dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah Audit Sosial
8.      Hubungan antara perusahaan kan mendapatkan  etika bisnis dan hubungan bisnis
Hubungannya adalah perusahaan yang menjalankan usahanya dengan mengutamakan kepentingan orang banyak dan berguna bagi masyarakat banyak akan bertahan dan dapat bersaing karena konsumen akan menilai perusahaan dan memilih produknya sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan
9.      Pelaksanaan tanggung jawab social
Menurut Milton Friedman tanggung jawab perusahaan adalah membuat produk yang dibutuhkan masyarakat sehingga  produk tersebut laku dipasar dan memungkinkan adanya profit maximation.
Tanggung jawab perusahaan antaralain,
·         Menciptakan produk yang dibutuhkan msyarakat dan memungkinkan adnya profit maximation
·         Dengan profit maximation aka nada akumulasi modal yang dapat digunakan unyuk membuka usaha baru yang berarti terbukanya kesempatan kerja
·         Menghindari perbuatan curang
10.  Etika bisnis untuk usaha yang dijalankan di perusahaan sweet accesoris adalah menjual produk yang bisa melengkapi penampilan masyarakat dan tidak berbahaya untuk kesehatan.
11.  Tanggung jawab social yang sesuai dengan usaha yang dijalankan sweet accesoris adalah, 
·         Menjual produk yang berguna untuk fasion di masyarakat dan tidak menjual bahan yang membuat iritasi kulit.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar