1.
Pengertian
etika bisnis
Bab
10: Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Wirausaha
Menurut kamus, istilah etika memiliki beragam
makna berbeda. Salah satu maknanya adalah “prinsip tingkah laku yang mengatur
individu dan kelompok”. Makna kedua
menurut kamus lebih penting –
etika adalah “kajian moralitas”. Tapi meskipun etika berkaitan dengan moralitas, namun tidak sama
persis dengan moralitas. Etika adalah
semacam penelaahan, baik aktivitas penelaahan maupun hasil penelaahan
itu sendiri, sedangkan moralitas
merupakan subjek.
2.
Penerapan etika bisnis yang dalam perusahaan yang
bsaya pilih,
PT AQUA GOLDEN MISSISIPPI juga melakukan tanggung jawab sosial
perusahaan.
Adapun kegiatan sosial yang dilakukan
oleh PT AQUA GOLDEN MISSISIPPI antara lain adalah :
·
Memberikan lapangan pekerjaan di
lingkungan sekitar perusahaan
·
Sebagai perusahaan yang bergerak di
bidang promosi, tidak mempromosikan produk atau sesuatu yang bertentangan
dengan hukum dan etika yang ada di Indonesia.
·
Melakukan praktik go green yaitu dengan
mendaur ulang kemasan botol plastic dan program menanam pohon.
3. Hubungan
antara etika dan hukum
Etika dan hukum sangat berhubungan
karena apabila suatu perusahaan sudah melanggar norma hukum itu artinya prinsip
keadilan yangmerupakan suatu etika dalam berbisnis.
4. Manfaat
etika bisnis bagi seorang pengusaha
Etika dibutuhkan dalam menjalankan
kegiatan bisnis , antara lain
·
Pelaku bisnis dituntunt menjadi orang
yang professional (keahlian): kinerja bisnis manajer financial yang baik:
kinerja etis bisnis, mempertahankan mutu, mampu menawarkan barang dan jasa
serta dapat diterima masyarakat.
·
Mempertahankan konsumen, menawarkan
barang dan jasa dengan mutu baik dan
tidak menipu konsumen dengan iklan
·
Peranan pemerintah yang netral agar
kepentingan semua pihak dapat terjamin sangat diperlukan dalam menjunjang
aktifitas bisnis yang beretika
·
Karyawan bukanlah tenaga yang diperas
untuk mencapai keuntungan sebesar besarnya tanpa mempedulikan kesejahteraan mereka
Contoh perusahaan yang saya pilih
adalah PT unilever yang selalu menghasilkan produk produk yang berkualitas dann
bermanfaat bagi masyarakat
5. Dampak
negative bila pengusaha tidak menjalankan usahanya sesuai dengan etika
Ada 2 macam teori etika yaitu teori
deontology dan teleology.
teori teleology ada aliran yang pertama adalah aliran utilitarian dan yang kedua aliran egoism. Apabila perusahaan tidak menjalankan usahanya dengan sesuai etika maka paham aliran yang dianut adalah egoisme, yang menyatakan bahwa tindakan dari seseorang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar kepentingan pribadi dan memanjukan dirinya sendiri. Hal ini akan menjadi negative apabila untuk mengejar kepentingan pribadi secara lahiriah itu dicapai dengan mengorbankan hak dan kepentingan orang lain.
teori teleology ada aliran yang pertama adalah aliran utilitarian dan yang kedua aliran egoism. Apabila perusahaan tidak menjalankan usahanya dengan sesuai etika maka paham aliran yang dianut adalah egoisme, yang menyatakan bahwa tindakan dari seseorang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar kepentingan pribadi dan memanjukan dirinya sendiri. Hal ini akan menjadi negative apabila untuk mengejar kepentingan pribadi secara lahiriah itu dicapai dengan mengorbankan hak dan kepentingan orang lain.
6. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
1. Syarat bagi Tanggung Jawab Moral
·
Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang rasional
·
Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya
·
Orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan
tindakan itu
2. Status Perusahaan
Terdapat dua pandangan (Richard T. De George, Business
Ethics, hlm.153), yaitu:
·
Legal-creator, perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada
hanya berdasarkan hokum
·
Legal-recognition, suatu usaha bebas dan produktif
Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai
dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan
keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social Responsibilities of
Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970)
7. Strategi bentuk
tanggung jawab sosial
Strategi yang diwujudkan melalui struktur organisasi demi mencapai
tujuan dan misi perusahaan perlu dievaluasi secara periodik, salah satu bentuk
evaluasi yang mencakup nilai-nilai dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah Audit
Sosial
8. Hubungan antara
perusahaan kan mendapatkan etika bisnis
dan hubungan bisnis
Hubungannya adalah perusahaan yang menjalankan
usahanya dengan mengutamakan kepentingan orang banyak dan berguna bagi
masyarakat banyak akan bertahan dan dapat bersaing karena konsumen akan menilai
perusahaan dan memilih produknya sehingga perusahaan akan mendapatkan
keuntungan
9. Pelaksanaan tanggung
jawab social
Menurut Milton Friedman tanggung jawab perusahaan
adalah membuat produk yang dibutuhkan masyarakat sehingga produk tersebut laku dipasar dan memungkinkan
adanya profit maximation.
Tanggung jawab perusahaan antaralain,
·
Menciptakan produk yang dibutuhkan msyarakat dan
memungkinkan adnya profit maximation
·
Dengan profit maximation aka nada akumulasi modal yang
dapat digunakan unyuk membuka usaha baru yang berarti terbukanya kesempatan
kerja
·
Menghindari perbuatan curang
10. Etika bisnis untuk
usaha yang dijalankan di perusahaan sweet accesoris adalah menjual produk yang
bisa melengkapi penampilan masyarakat dan tidak berbahaya untuk kesehatan.
11. Tanggung jawab social yang
sesuai dengan usaha yang dijalankan sweet accesoris adalah,
·
Menjual produk yang berguna untuk fasion di masyarakat
dan tidak menjual bahan yang membuat iritasi kulit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar